Wednesday 11 February 2015

ANATOMI KAMERA

ANATOMI KAMERA

Anatomi Kamera














Tidak hanya tubuh manusia yang memiliki anatomi, tetapi kamera juga memiliki anatomi yang perlu kita ketahui sebagai seorang insan kreatif. Nah, artikel ini menjelaskan anatomi kamera yang digunakan dalam membuat film. Pada prinsipnya, kamera dibagai menjadi tiga bagian yaitu Lens, Camera Body, dan Magazine atau Tape Compartments.
1. Lensa
Lensa adalah mata kamera, seperti mata kita. Untuk itu kebersihan dan kejernihannya harus dijaga, karena lewat lensalah gambar/cahaya akan ditransmisikan ke pita atau digital. Dalam sinematografi kita mengenal ada tiga jenis lensa yaitu:
  • Lensa Wide:  dengan sudut pengambilan yang luas
  • Lensa Normal:  secara prespektif dianggap mewakili mata manusia dalam melihat dunia dan sekitarnya. Pada pembuatan film, lensa normal ini adalah lensa 50mm.
  • Lensa Tele:  lensa dengan sudut pengambilan sempit.
Pada setiap lensa, baik yang profesional maupun yang semi profesional, ada 3 buah ring. Yang pertama adalah Focusing ring yang berfungsi untuk mengatur focus dalam sebuah shot. Kedua, ada Focal length ring (pada lensa zoom atau variable focal length), focal length adalah panjang pendeknya sebuah lensa atau secara teknis dikenal sebagai jarak dari titik api lensa ke bidang datar atau film plane. Ketiga, adalah F.stop atau Diafragma ring yang berfungsi untuk mengatur exposure sebuah shot.
2. Camera Body
Pada bagian inilah gambar direkam atau di tangkap baik secara organik dengan seluloid 35mm seperti pada kamera film maupun perubahan dari cahaya ke gelombang elektromagnetik pada video atau digital. Pada kamera film, bagian ini yang paling penting dijaga dari kontaminasi debu, cairan maupun radiasi karena akan mempengaruhi hasil shooting. Pada kamera video atau digital pada bagian ini akan banyak sekali tombol pengaturan imajinasi.
3. Magazine
Pada kamera film, magazine adalah tempat kita memasang film baik sebelum maupun setelah diekspos. Pada kamera video atau digital, bagian ini adalah tape atau card compartments yaitu bagian di mana kita memasang kartu seperti SD atau CF atau kaset video.



No comments:

Post a Comment